.
Selamat Datang

Fungsi Rangka

Materi               : Kelas IV

Pokok Bahasan: Fungsi Rangka

Sumber: Jendela IPTEK. 2000

Rangka atau tulang termasuk salah satu alat tubuh pada manusia dan hewan. Apa yang terjadi jika tangan dan kaki kita tidak memiliki rangka di dalamnya? Tentu kita tidak dapat berdiri tegak. Fungsi rangka bagi makhluk hidup, antara lain, menguatkan dan menegakkan tubuh, menentukan bentuk tubuh, tempat melekatnya otot, dan melindungi bagian-bagian tubuh yang penting dan halus.

a. Menguatkan dan Menegakkan Tubuh
Bentuk rangka manusia sangat kokoh sehingga kita dapat berdiri dengan tegak, berjalan, bahkan berlari dengan cepat. Kita juga dapat mengangkat beban sampai batas tertentu karena ada rangka dalam tubuh.

b. Menentukan Bentuk Tubuh
Karena memiliki rangka, tubuh kita memiliki bentuk. Bahkan, bentuk tubuh juga dapat digunakan sebagai ciri seseorang. Kita dapat mengenali seseorang meski masih dikejauhan dengan memerhatikan bentuk tubuhnya. Misalnya, tinggi, pendek, besar, kecil, dan sebagainya.

c. Tempat Melekatnya Otot
Otot berfungsi menggerakkan anggota badan. Otot melekat pada rangka. Jika tubuh kita tidak memiliki rangka, maka otot tidak memiliki tempat melekat. Otot bekerja sama dengan rangka melakukan suatu gerakan. Ketiadaan salah satunya menyebabkan yang lain tidak berfungsi.

d. Melindungi Bagian Tubuh yang Penting dan Halus
Rangka merupakan bagian tubuh yang paling keras. Sifatnya yang keras berfungsi untuk melindungi
bagian dalam tubuh yang rapuh. Rapuh disini berarti mudah terluka, rusak, atau hancur karena benturan benda keras. Contoh rangka yang melindungi bagian dalam tubuh yang rapuh, antara lain, rangka kepala melindungi otak, mata, telinga, hidung, dan saluran pernapasan bagian atas; rangka rongga dada melindungi paruparu, jantung, dan alat pencernaan makanan; rangka pinggul melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi. Karena pentingnya bagian-bagian tubuh tersebut, maka berhati-hatilah saat bermain. Jangan memukul tubuh dengan benda keras atau tajam.

Sumber:

Budi Wahyono, dan Setyo Nurachmandani. 2008. Ilmu pengetahuan alam 4 untuk sd/mi kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidkan Nasional.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. KELAS BU AYU - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger